Home » Berita » Pada Tahun 2021 dimulai pembangunan terminal 4 Seokarno Hatta

Pada Tahun 2021 dimulai pembangunan terminal 4 Seokarno Hatta

Kepriterkini.com – PT Angkasa Pura II (Persero) berencana untuk menambah terminal di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Dengan penambahan terminal tersebut diharapkan akan meningkatkan kapasitas penumpang di bandara tersebut.

Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, setelah mengoperasikan Terminal 3, pihaknya akan membangun Terminal 4 di Bandara Soetta. Terminal ini berada depan Terminal 3 atau di lokasi yang saat ini ditempati oleh lapangan golf Soewarna.

‎”Sebentar lagi kita bangun Terminal 4, 500 meter di depan Terminal 3. Yang sekarang Soewarna lapangan golf itu hilang semua menjadi Terminal 4 di 2021. 2020 lah kita baru persiapan. 2021 mulai konstruksi,” ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Kantor Angkasa Pura II, Tangerang, Banten, seperti ditulis Kamis (27/12/2018).

Selain terminal, lanjut dia, saat ini Angkasa Pura II juga tengah menambah jumlah landasan pacu di Bandara Soetta. Saat ini bandara tersebut memiliki hanya memiliki dua landasan pacu (runway), namun kini tengah dibangun landasan pacu ke-3.

“Kita memang akan concern ke capacity. Capacity yang pertama yaitu air side capacity, biasanya kita concern di terminal, di darat. Tapi kita lupa air side capacity menentukan. Soekarno-Hatta sekarang dengan dua runway, runway 1 dan runway 2, di utara runway 2 sedang dilakukan pembangunan runway 3. Nantinya akan memiliki 3 runway,” jelas dia.

Dengan adanya landasan pacu ke-3 tersebut diharapkan tidak ada lagi antrean pesawat baik yang akan terbang maupun mendarat di Soekarno Hatta. Landasan pacu ini juga sebagai pelengkap dari terminal 4.

“Itu yang akan menambah pergerakan kapasitas di sisi udara. Sekarang kan sering mau take offmain bebek-bebekan (antre), bisa sampai 7-8 pesawat. Itu kemudian Presiden Jokowi bilang kita tidak hanya nambah kapasitas terminal saja. Beliau concern menambah kapasitas di udara dengan menambah runway. Kita (juga) bangun east cross taxi way. Itu penghubung taxi way udara dan selatan,” tandas dia. (Liputan6.com)

x

Check Also

Cara Mudah Hilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Mobil

KEPRITERKINI.COM – Merawat mobil tak hanya soal performa dan penampilan luarnya saja, namun pada bagian ...