Home » Berita » Ini 6 Gangguan Kesehatan Akibat Over Dosis Tidur

Ini 6 Gangguan Kesehatan Akibat Over Dosis Tidur

KEPRITERKINI.COM – Tidur yang kebanyakan atau over dosis akan membuat tubuh mengalami sejumlah gangguan kesehatan. Saran dari para pakar, untuk orang dewasa maka sebaiknya tidur selama 6-8 jam per hari/malam. Itu berarti jika kurang atau lebih dari waktu normal, risiko gangguan kesehatan akan dialami.

Over dosis jam tidur umumnya dilakukan orang saat akhir pekan, di kala pekerjaan atau rutinitas sepekan yang padat membuat hari libur dilampiaskan untuk tidur seharian. Ternyata kebiasaan ini pun tak baik dan bisa memicu munculnya gangguan kesehatan.

Apa saja jenis gangguan kesehatan yang bisa Anda alami? Berikut ini di antaranya seperti dikutip dari situs Huffington Post:

Depresi
Seseorang dengan kebiasaan tidur terlalu banyak akan mengalami gejala depresi lebih besar ketimbang orang yang jam tidurnya normal. Ini berdasarkan sebuah studi pada tahun 2014 yang melakukan survei pada partisipan. Terlihat fakta bahwa tidur lebih dari 9 jam semalam membuat gejala depresi naik 49%.

Lemahnya fungsi otak
Ini berdasarkan studi pada partisipan berusia lanjut yang mengalami penurunan fungsi otak pada jangka 6 tahun setelahnya akibat tidur terlalu banyak.

Sulit hamil
Jam tidur yang terlalu banyak disebut oleh peneliti dari Korea, akan mempengaruhi produksi hormon dan siklus menstruasi sehingga memperkecil kemungkinan hamil pada wanita.

Risiko diabetes
Studi dari Quebec menemukan fakta bahwa risiko diabetes tipe dua lebih banyak dialami oleh mereka yang jam tidurnya lebih dari 8 jam per malam.

Berat badan bertambah
Bertambahnya berat badan juga salah satu dampak akibat dari terlalu banyak atau juga terlalu sedikit tidur. Hasil studi itu didapatkan oleh peneliti yang sama dari Quebec.

Sakit jantung
Tidur lebih dari waktu normal berisiko meningkatkan sakit jantung. Riset dari American College of Cardiology tahun 2012 tersebut mengatakan risiko angina (angin duduk) akan terjadi dua kali lebih banyak untuk orang yang lama tidur.

Jadi memang lebih baik mengikuti jadwal tidur yang normal saja, tak terlalu banyak dan tidak juga terlalu sedikit. *

2021-11-27
x

Check Also

Menginap 24 Jam Suka-Suka di Seluruh Batiqa Hotels

KEPRITERKINI.COM – Mengawali tahun baru 2022 sebagai satu satu chain hotel bintang tiga di Indonesia, Batiqa ...

Exit mobile version