Home » Berita » Sawah di Desa Resang Kekeringan, Hasil Panen  Tak Maksimal

Sawah di Desa Resang Kekeringan, Hasil Panen  Tak Maksimal

KEPRITERKINI.COM  – Musim kemarau yang melanda Kabupaten Lingga sejak dua bulan terakhir, mengakibatkan persawahan di Desa Resang, Kecamatan Singkep Selatan mengalami kekeringan. Dimana benih yang baru disemai pada awal bulan ini, diperkirakan tidak mencapai hasil yang maksimal.

“Memang sudah sejak dua bulan terakhir ini Resang mengalami kemarau. Akibatnya banyak pertanian sawah yang tidak berjalan sesuai yang direncanakan,” kata Kepala Desa Resang Hanafi ketika ditemui di Dabo Singkep, Kamis (23/8) , seperti dilansir batampos.

Lebih lanjut Hanif menjelaskan kondisi geografis di areal persawahan Desa Resang, memang memiliki aliran su-ngai. Namun sayang, kondisi sungai dan debet air yang mengalir tidak dapat menyup-lai air untuk sawah karena letak sungai lebih rendah dibanding sawah.

Sehingga sungai tersebut masih membutuhkan sentuhan pembangunan irigasi, supaya air sungai dapat mengaliri sawah. Belum lama ini, perwakilan Kementerian Pertanian juga telah mengunjungi lokasi persawahan di Desa Resang. Dalam kunjungan tersebut, Kementerian Pertanian menyarankan agar dilakukan pembangunan waduk air di Desa Resang, terutama di lokasi persawahan guna memenuhi kebutuhan air bagi pertanian padi di lokasi tersebut.

Hanafi menambahkan, kunjungan Kementerian Pertanian saat itu telah menyatakan akan membantu mengucurkan dana pembangunan sarana fisik pengairan di Desa Resang. Namun, Kementerian Pertanian meminta agar Pemkab Lingga menyiapkan Detail Engineering Design (DED) pada tahun ini.

“Semestinya Dinas PUPR Kabupaten Lingga telah memasukkan atau mengajukan anggaran DED pembangunan waduk pada APBD Perubahan ini. Jadi, tahun depan pusat tinggal melakukan pembangunan saja,” ujar Hanafi.

Desa Resang saat ini telah memiliki 243 hektare lahan untuk pertanian sawah. Namun dengan kondisi saat ini, banyak penanaman padi terkendala kekurangan air, sehingga masyarakat banyak menyempatkan untuk menanam tanaman sayur yang tidak banyak membutuhkan air seperti labu dan sebagainya. (**)

x

Check Also

Pemko Batam akan Terapkan Denda Parkir Sembarangan Rp 500 Ribu Mulai 1 Oktober

KEPRITERKINI.COM – Dishub Batam akan mulai melakukan penertiban terhadap kendaraan yang denda sembarangan tempat mulai ...