Home » Berita » Minim Anggaran, PNS Hanya Terima Gaji Pokok

Minim Anggaran, PNS Hanya Terima Gaji Pokok

KEPRITERKINI.COM – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Karimun pekan ini akan mencairkan gaji ke 13 ribuan PNS yang bertugas di jajaran Pemkab Karimun. Gaji ke 13 tersebut bersumber dari anggaran pusat, sehingga harus menunggu transfer dana pusat.

”Gaji ke 13 berbeda dengan gaji ke 14. Karena gaji ke 14 itu sama dengan tunjangan hari raya (THR). Sedangkan gaji ke 13 tersebut sama seperti gaji rutin bulanan yang bersumber dari dana alokasi umum (DAU) APBN atau dana pusat. Kami tegaskan untuk pembayaran gaji ke 13 PNS di Karimun tak ada masalah,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq seperti dilansir Batam Pos, Minggu (1/7).

Transfer DAU untuk pembayaran gaji ke 13 PNS, lanjutnya, biasanya dilakukan setiap hari kerja dan di akhir bulan nanti. Artinya jika pada hari Jumat (29/6) kemarin tak ada ditransfer, biasanya akan ditransfer pada hari Senin (2/7) besok (hari ini).

Jika hari Senin (hari ini) sudah ditransfer, maka besok Selasa (3/7) gaji ke 13 PNS di Karimun sudah bisa dibayarkan, termasuk gaji rutin untuk bulan Juli yang akan dibayarkan sekaligus.

”Perkiraan kami jumlah dana untuk pembayaran gaji ke 13 PNS ini sekitar Rp 30 miliar. Untuk gaji ke 13 nanti yang dibayarkan ke PNS hanya gaji pokok saja. Sedangkan untuk tunjangan daerah tak dibayarkan,” terangnya.

Sebab, lanjut Aunur Rafiq, kalau untuk pembayaran tunjangan daerah, harus masuk dalam anggaran daerah. Sedangkan daerah hanya menganggarkan tunjangan daerah untuk 12 bulan saja. Sehingga pembayaran gaji ke 13 untuk PNS hanya sebesar gaji pokok saja. Untuk pembayaran tunjangan sendiri, mengikuti kemampuan masing-masing daerah.

”Kalau daerah mampu, tunjangan itu bisa dibayarkan. Tapi kalau memang kondisi keuangan daerah tak mampu, tak mungkin dipaksakan,” kata Aunur Rafiq.

Disinggung tentang gaji ke 13 untuk tenaga honor kontrak, Aunur Rafiq menegaskan, untuk tenaga honor kontrak, tidak ada ketentuan atau aturan mendapatkan gaji ke 13. (**/batampos)

x

Check Also

Pemko Batam akan Terapkan Denda Parkir Sembarangan Rp 500 Ribu Mulai 1 Oktober

KEPRITERKINI.COM – Dishub Batam akan mulai melakukan penertiban terhadap kendaraan yang denda sembarangan tempat mulai ...