Home » Berita » 36 Desa di Bintan Sudah Nikmati Internet Kencang

36 Desa di Bintan Sudah Nikmati Internet Kencang

KEPRITERKINI.COM – Jaringan internet yang dioperasikan via satelit Manggoes Sky sudah mulai memasuki desa-desa di Bintan. Sebagian desa juga mengunakan internet satelit yang disediakan provider lain.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Bintan Ronny Kartika mengatakan, internet cepat di desa harus meningkatkan semangat kerja aparatur pemerintahan desa.

Informasi mudah diakses, dan kemudahan tersebut dimanfaatkan untuk memajukan desa.

Dikatakannya juga bahwa koneksi internet tersebut dipastikan untuk mendukung pembangunan desa di tengah-tengah era global dan digital saat ini.

Utamanya dalam penyampaian informasi dan sosialisasi serta pelaporan keuangan oleh setiap perangkat desa.

“Kita pastikan bahwa seluruh kantor desa yang ada di Bintan sudah memiliki fasilitas internet termasuk desa-desa yang berada di Kecamatan Tambelan. Sebagian menggunakan fasilitas satelit manggoes sky sebagiannya lagi menggunakan provider yang lain,” kata Ronny seperti dilansir tribunbatam.

Pihaknya kata Ronny berkeinginan menciptakan setiap desa berlomba berlomba memajukan desa dengan menyampaikan data dan informasi dengan benar dan akurat.

“Saat ini kita mengharapkan agar setiap desa mungkin mampu menampilkan profil desa melalui website . Nantinya ada potensi-potensi desa yang bisa ditampilkan,”kata Ronny.

Kemudian apa yang menjadi program desa dipaparkan di profil desa, termasuk bentuk pelayanan publik lainnya.

“Produk-produk unggulan desa bisa di-upload ke website ” sarannya.

Dirinya mencontohkan pada bidang usaha masyarakat, seperti perikanan, pertanian, kerajinan, dan lainnya yang bisa disajikan.

Selain itu, dia menambahkan, potensi desa dan usaha masyarakat yang mulai banyak dilirik orang seperti kerajinan desa.

“Siapa tahu ada yang berminat investasi di sana (desa), karenanya setiap informasi yang disampaikan di website desa harus benar-banar akurat ” ujarnya.

Untuk tahun 2018 ini, dana desa untuk 36 desa se Bintan di 2018 ini berjumlah total 83,978 miliar.

Besaran tersebut, didapat dari anggaran ADD dari APBD tahun 2018 sebesar Rp 50,075 miliar serta anggaran DD dari APBN sebesar 30,903 miliar. (*)

x

Check Also

Pemko Batam akan Terapkan Denda Parkir Sembarangan Rp 500 Ribu Mulai 1 Oktober

KEPRITERKINI.COM – Dishub Batam akan mulai melakukan penertiban terhadap kendaraan yang denda sembarangan tempat mulai ...