Home » Berita » Pasca Ledakan Bom di Surabaya, Polresta Barelang Perketat Pengamanan di Gereja

Pasca Ledakan Bom di Surabaya, Polresta Barelang Perketat Pengamanan di Gereja

KEPRITERKINI.COM – Pasca ledakan bom bunuh diri yang terjadi di tiga gereja di Surabaya, Minggu (13/5) pagi, Kapolresta Barelang Kombes Hengki memerintahkan seluruh anggotanya untuk memperketat pengamanan di gereja-gereja.

Sebelumnya Polresta Barelang telah menetapkan status Siaga Satu sejak Jumat (11/5).

“Pagi ini kami melaksanakan pengamanan dan itu sudah kita laksanakan rutin setiap hari Minggu di seluruh gereja wilayah Batam. Status siaga satu sudah diperintahkan dari Mabes dalam beberapa hari ini,” ujar Hengki.

Hengki juga memerintahkan jajarannya untuk bekerja sama dengan petugas pengaman gereja. Langkah ini untuk membantu mengatur sistem pengamanan jemaat yang akan melakukan ibadah hingga malam hari nanti. Kepada seluruh jemaat gereja diminta untuk tetap tenang dan ikut membantu sistem pengamanan.

“TNI, Polri dan masyarkat harus bersatu untuk melawan kelompok terorisme atau kelompok radikalisme. Masyarakat tidak usah takut dan kita harus sama-sama mewaspadai. Bila menemukan hal yang mencurigakan, silahkan langsung lapor kepada kita,” tuturnya.

Untuk pengamanan di gereja dikerahkan persobel bersenjata lengkap. Selain itu ada penambahan personel dari Ditsabhara dan Brimob Polda Kepri. Gereja-gereja yang memiliki letak strategis dan banyak jemaat menjadi prioritas pengamanan pihak kepolisian. Selain itu, seluruh barang bawaan jemaat juga dilakukan pemeriksaan dengan ketat.

“Kami mohon kepada segenap masyarakat untuk berdoa agar Batam tetap aman dan tenang. Tempat-tempat tersebut (umum dan ibadah) masuk area yang diamankan dengan patroli dan menempatkan atau memperbanyak petugas polisi di sana,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Pagi kemarin, terjadi ledakan bom di tiga gereja di Surabaya, sekitar pukul 07.30 WIB. Tiga gereja yang jadi sasaran aksi terorisme, yakni Gereja Santa Maria Tak Bercela di Jalan Ngagel Surabaya, gereja GKI di Jalan Diponegoro Surabaya dan gereja Pantekosta Jalan Arjuno Surabaya.

Usai ledakan di tiga gereja itu, Kapolresta Barelang Kombes Hengki, Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kabag Ops Polresta Barelang dan Kasat Lantas Polresta Barelang langsung mendatangi beberapa gereja yang diantaranya Gereja Katolik Paroki Santo Petrus, HKBP Huria Lubukbaja, Graha Immanuel dan beberapa gereja lainnya. (*)

x

Check Also

Pemko Batam akan Terapkan Denda Parkir Sembarangan Rp 500 Ribu Mulai 1 Oktober

KEPRITERKINI.COM – Dishub Batam akan mulai melakukan penertiban terhadap kendaraan yang denda sembarangan tempat mulai ...