Home » Berita » Kadisnaker Bantah Karimun Ramai TKA 
JUNGKAT, 19/3 - TANGKAP PEKERJA ASING ILEGAL. Sejumlah pekerja asing asal China berbaris saat hendak didata oleh Direktorat Reskrim Umum (Ditreskrimum) Polda Kalbar, di kawasan proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Jungkat, Kabupaten Pontianak, Kalbar, Selasa (19/3). Sebanyak 78 pekerja asing asal China yang bekerja untuk proyek pembangunan PLTU 1 Kalbar ditangkap oleh Ditreskrimum Polda Kalbar, karena diduga tidak memiliki ijin kerja resmi. FOTO ANTARA/Jessica Helena Wuysang/ed/nz/13

Kadisnaker Bantah Karimun Ramai TKA 

KEPRITERKINI.COM – Ketua FSPMI Karimun M Fajar mengatakan, jumlah tenaga kerja asing (TKA) di Karimun saat ini cukup banyak.

”Untuk buruh kasar aja, ada juga diambil dari TKA. Apakah berani nantinya stakeholder terkait menindak hal ini. Itu yang kami pertanyakan,” ujar Fajar, Minggu (29/4).

Ia mencontohkan, ada beberapa kapal isap timah milih swasta yang beraktivitas di Karimun. Aktivitas tersebut beberapa dipercayakan ke TKA hanya untuk mengoperasikan kapal serta mekanik kapal.

”Padahal hal tersebut kan bisa juga dikerjakan tenaga kerja lokal, kenapa mesti harus menggunakan TKA,” terangnya.

Fajar meminta Pemkab Karimun segera menerbitkan Perda tentang Ketenagakerjaan, agar TKA yang masuk ke Karimun memang benar-benar memiliki skill yang memang tenaga kerja lokal belum bisa melakukannya.

Sementara Kadis Tenaga Kerja Karimun, Hazmi Yuliansyah menampik tuduhan Ketua FSPMI terkait banyaknya TKA di Karimun yang bekerja sebagai tenaga kasar atau level operator.

”Keberadaan TKA yang ada di Karimun sekarang ini ada sembilan orang saja kok, tak lebih. Dari imigrasi Karimun sudah melakukan deportasi karena sudah berakhir masa kerjanya di Karimun. Kalau pengawasan kan saat ini kewenangannya berada di Disnaker Provinsi Kepri. Kami hanya meneruskan saja. Itu ada timnya yang diketuai oleh pihak imigrasi tentang TKA,” ujar Hazmi mengakhiri. (*)

x

Check Also

Pemko Batam akan Terapkan Denda Parkir Sembarangan Rp 500 Ribu Mulai 1 Oktober

KEPRITERKINI.COM – Dishub Batam akan mulai melakukan penertiban terhadap kendaraan yang denda sembarangan tempat mulai ...