Home » Berita » 5 Buah Ini Ternyata Bisa Cegah Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi

5 Buah Ini Ternyata Bisa Cegah Karang Gigi Sekaligus Pemutih Gigi

Kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu modal dasar kepercayaan diri saat bertemu dengan banyak orang.

Namun keberadaan karang gigi maupun kondisi gigi yang kuning bisa mengurangi kepercayaan diri kita.

Ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi dua masalah ini sekaligus.

Dengan kandungan alaminya, lima jenis makanan ini bisa mengatasi karang gigi dan memutihkan gigi.

1. Apel

Makanan manis memang memiliki efek merugikan pada gigi dan menyebabkan pembusukan. Tetapi pemanis alami seperti apel mengandung banyak air dan serat yang justru baik untuk gigi. Karena kerenyahannya, apel menginduksi sekresi saliva yang mencegah terjadinya rongga dan menghilangkan partikel makanan dan bakteri yang ada. Mengunyah apel juga merupakan latihan oral yang baik untuk memperkuat gusi.

Selain itu, apel juga memiliki konsentrasi asam malat tinggi yang digunakan dalam beberapa pasta gigi. Asam malat meningkatkan air liur yang membantu membersihkan gigi dan membantu menghilangkan noda, menurut sebuah studi 2013 yang dilakukan di Universitas Grenada Spanyol. Kandungannya pun bisa membuat gigi menjadi lebih putih secara alami.

2. Stroberi

Seperti apel, stroberi juga mengandung asam malat yang secara bertahap bisa menghilangkan karang gigi. Buah satu ini juga memiliki manfaat tambahan kandungan ellagitannins, antioksidan yang dapat membantu mengurangi bakteri penyebab peradangan di mulut. Vitamin C dalam stroberi juga dapat membantu mencegah radang gusi dan penyakit gigi lainnya.

3. Brokoli

Brokoli kaya serat dan kandungannya bisa membantu mengurangi peradangan di mulut Moms. Selain itu, menurut penelitian di European Journal of Dentistry, zat besi pada brokoli memiliki manfaat tambahan dalam menyediakan dinding perlindungan untuk gigi. Kandungannya ini bisa membantu mencegah noda dan gigi berlubang.

4. Mentimun

Mentimum ternyata bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut dengan menyehatkan gusi dan meningkatkan produksi saliva. Mentimun mampu menghilangkan partikel makanan yang ada, gula, dan bakteri yang dapat menyebabkan kerusakan gigi. Kandungannya pun bisa membantu mengurangi karang gigi.

5. Seledri

Seledri bisa membantu menghilangkan sisa partikel makanan dari gigi dan bakteri berbahaya. Kandungan vitamin A dan C yang tinggi dalam seledri bisa lebih meningkatkan kesehatan gigi dan mulut. (***)

x

Check Also

Pemko Batam akan Terapkan Denda Parkir Sembarangan Rp 500 Ribu Mulai 1 Oktober

KEPRITERKINI.COM – Dishub Batam akan mulai melakukan penertiban terhadap kendaraan yang denda sembarangan tempat mulai ...